5 Perbedaan sel hewan dan tumbuhan

Advertisement

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan merupakan pelajaran dasar ilmu biologi yang terus digunakan hingga cabang-cabangnya. Sel adalah kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup, tumbuhan dan hewan. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel.

Bagian perbedaan sel hewan dan  tumbuhan 

Sel Tumbuhan
Sel hewan
Memiliki dinding sel
Tidak memiliki 
Vakuola berukuran besar
Vakuola berukuran kecil
Memiliki plastida (kloroplas, kromoplas
Tidak memiliki 
Tidak memiliki 
Memiliki sentriol

Fungsi bagian sel hewan dan tumbuhan 


Dinding sel ada pada tumbuhan, dan tidak ada pada sel hewan. Dinding sel berfungsi antara lain untuk melindungi protoplas, sebagai penguat tanaman dan mencegah terjadinya dehidrasi.
Dinding sel yang terbentuk pada waktu sel membelah disebut dinding primer dan setelah mengalami penebalan,berubah menjadi dinding sekunder. Dinding Primer sel merupakan selaput tipis yang tersusun atas serat-serat selulosa selulosa tersebut amat kuat daya regangnya.

Plastida pada sel tumbuhan tidak ada pada hewan, adalah organel bermembran lengkap,dengan bentuk dan fungsi yang bermacam-macam berupa butir-butir yang mengandung pigmen. Plastida merupakan hasil perkembangan dari badan kecil yang dikenal proplastida yang banyak di daerah merismatik. Dalam perkembangannya, proplastida dapat berubah menjadi tiga tipe,yaitu tipe kloroplas, kromoplas, dan leukoplas.

Vakuola terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan. Namun,Vakuola pada tumbuhan memiliki bentuk dan fungsi yang lebih nyata dibandingkan vakuola pada sel hewan. Fungsi utama vakuola adalah untuk memasukkan air melalui tonoplas untuk membangun turgor sel.

Sentriol terdapat pada sel hewan dan tidak ada pada sel tumbuhan, sentriol adalah sepasang struktur seperti silinder yang memiliki lubang tengah dan tersusun dari protein mikrotubulus. Sentriol berperan untuk mengatur polaritas (kutub) pembelahan sel hewan dan mengatur pemisahan kromosom selama pembelahan.

Satu perbedaan sel hewan dan tumbuhan yang mudah diingat adalah yaitu plastid/kloroplas/klorofil dimiliki tumbuhan, sedangkan sentriol dimiliki sel hewan.

Sumber; Informasi Pengetahuan

Advertisement

0 Response to " 5 Perbedaan sel hewan dan tumbuhan "

Posting Komentar