Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia

Advertisement

Metode pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar/SD kelas 1,2,3,4,5,6. Seorang guru harus paham betul tentang bagaimana metode pembelajaran yang baik dan benar sesuai kurikulum dan tujuan mengajar. Tujuan utama dalam pembelajaran adalah supaya siswa mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulisan. Bahasa Indonesia diajarkan kepada siswa dengan kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa Negara

Tips untuk mengajar dengan metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang baik , mudah dan menarik , sebagai berikut :

Metode Tulisan
Pengajaran Bahasa Indonesia di kelas I dan II ditekankan pada bentuk tulisan, membaca, dan pemahaman tiap kata . Kalau siswa sudah mampu menguasai perbendaharaan kata yang banyak dan sudah bisa membuat kalimat sendiri maka siswa tersebut baru bisa membuat karangan singkat dari buku yang pernah mereka baca.

Tulisan siswa Kelas I dan II masih cenderung kurang bagus, guru harus bisa melatih siswa untuk menulis tegak bersambung yang baik dan benar. Bila tulisan anak sudah cukup baik dan benar maka dengan mudah guru mengajak siswa untuk belajar Bahasa Indonesia

Metode Percakapan
Melalui percakapan misalnya membaca puisi, drama, berpantun, bercerita, berpidato, dan membaca, untuk menampilkan anak - anak. Guru harus benar - benar sudah mempersiapkan pokok bahasan yang akan diajarkan berupa naskah. Selanjutnya mengadakan latihan - latihan yang sudah dilakukan oleh anak - anak . Bilamana perlu, bisa ditampilkan melalui kegiatan panggung yang diselenggarakan di sekolah atau dilombakan. Dengan cara tersebut di atas di samping mendidik anak - anak untuk berani tampil sekaligus menjadikan anak tersebut lebih percaya diri.

Metode Permainan  dan Lingkungan
Mengadakan kunjungan rutin ke perpustakaan sekolah , siswa diberi kebebasan untuk membaca dan meminjam buku - buku yang bermanfaat sekaligus menambah pengetahuan mereka. Selain itu mengajak belajar di luar kelas di sekitar sekolah supaya ada suasana yang lebih ceria.

Advertisement

0 Response to " Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia "

Posting Komentar