5 Tokoh Indonesia yang Menginspirasi Dunia

Advertisement

Beberapa sosok atau tokoh Indonesia yang menginspirasi Dunia menjadi salah satu bukti bahwa Indoensia adalah Negara yang besar dan hebat. Mereka adalah tokoh Indonesia yang menjadi pelopor, orang bijak, berperanan dan berjasa penting di dalam negeri maupun luar negeri.

1. drs. Moh Hatta
drs. Moh Hatta
Hatta adalah tokoh Indonesia yang melukiskan ketegasan, keberanian, dan optimisme yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin indonesia jika dia harus menghadapi kekuasaan kolonial dan memenangkan kemerdekaan bagi negerinya. Memiliki peran yang penting dalam mendirikan indonesia “sekaligus menjadi” seorang negarawan kaliber tertinggi yang siap mengorbankan ambisi, kekayaan, dan kedudukan demi cita-citanya.

2. B.J Habibie
 B.J Habibie
Prof. Dr.-Ing. Dr. Sc.h.c. Bacharuddin Jusuf Habibie Dialah salah satu tokoh kebanggaan Indonesia. B.J Habibie sempat menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) selama puluhan tahun, sebelum menjadi Wakil Presiden dan akhirnya diangkat menjadi Presiden RI yang ketiga pada tahun 1998 (menggantikan Soeharto). Kelahiran Parepare, 25 Juni 1936 ini berkuliah di Jerman, menekuni bidang Teknik, hingga mendapat gelar Doktor.

3. I.r Soekarno
I.r Soekarno
Tokoh Indoensia yang menginspirasi banyak pemuda Indonesia. Soekarno Presiden pertama Indonesia adalah salah satu tokoh panutan dan tokoh yang berpengaruh di dunia, dia berintergritas tinggi,disiplin,semangat perjuangan,dan memberikan peran besar dalam berkembangnya negara-negara di dunia contoh: kuba,india,dll,Soekarno juga merupakan tokoh yang disegani pemimpin-pemimpin dunia salah satunya presiden Venezuela Hugo Chavez adalah sosok yang sangat mengagumi sosok Presiden Soekarno.

"Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa" (soekarno)

4. Sutan Syahrir
Sutan Syahrir
Sutan Syahrir adalah tokoh pahlawan dan tokoh Indonesia yang menginspirasi dunia, dia merupakan Perdana Menteri termuda di dunia  pada masanya, dia adalah sosok yang cerdas, berintergritas tinggi, dan sikap nasionalisme yang  terpendam dalam dirinya, bahkan namanya digunakan sebagai nama jalan di negara Belanda.

5. Munir
Munir
Terkenal dengan nama singkat Munir, nama lengkapnya adalah Munir Said Thalib Al-Kathiri. Seorang aktivis HAM Indonesia. Jabatan terakhirnya adalah Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial. Saat menjabat Dewan Kontras namanya melambung sebagai seorang pejuang bagi orang-orang hilang yang diculik pada masa itu.

Advertisement

2 Responses to " 5 Tokoh Indonesia yang Menginspirasi Dunia "