Inilah Mengapa Daun Berwarna Hijau

Advertisement

Pertanyaan penyebab mengapa daun berwarna hijau dapat dijelaskan secara ilmiah atau biologis. Tetapi juga ada beberapa daun tidak berwarna hijau, misalnya merah atau kuning. Daun pada umumnya mempunyai klorifil yang dominasi pigmen warna hijau di dalam serat-serat tanaman. Fungsi pigmen hijau daun klorofil ini untuk melakukan penyerapan sinar matahari guna berjalannya proses fotosintesis (suatu proses sintesa sari makanan dengan bantuan cahaya matahari).


Pigmen-pigmen hijau tersebut berada dan dibuat di dalam suatu bagian sel plastida, yang disebut kloroplas. Pigmen hijau itu menutupi pigmen-pigmen warna lainnya seperti merah-orannye (beta-carotene) dan juga kuning (xanthophylls).

Daun   terlihat berwarna hijau karena daun banyak mengandung figmen klorofil. Cahaya matahari (cahaya tampak) jika diuraikan sebenarnya terdiri dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang berbeda yang dengan bantuan prisma kita bisa mendeteksinya sebagai cahaya merah, jingga, kuning, hijau, biru,nila dan ungu.Klorofil menyerap cahaya merah dan biru-ungu yang berguna dalam reaksi terang fotosintesis, sedangkan cahaya kuning, hijau dipantulkan. Itulah kenapa daun tampak berwarna hijau.

Lalu bagaimana dengan warna daun yang lain?

Mengapa daun berwarna hijau dapat berubah warna atau memang berwarna lain seperti merah atau kuning? Selain klorofil, beberapa jenis daun memiliki pigmen-pigmen lainnya seperti karoten (carotene) dan antosianin (anthocyanin). Karoten menyerap cahaya biru dan biru-kehijauan, menyisakan warna merah serta kuning. Sedangkan antosianin menyerap sangat banyak cahaya berwarna biru, biru-kehijauan, serta hijau, dan memantulkan cahaya merah.

Sumber

Advertisement

1 Response to " Inilah Mengapa Daun Berwarna Hijau "