Artikel Ilmu Pengetahuan Alam-Sains

Advertisement

Artikel Ilmu Pengetahuan Alam Sains atau biasa disingkat IPA merupakan pelajaran Sekolah Dasar. Di jenjang SMP dan SMA menjadi Sains yang terbagi menjadi mata pelajaran Biologi, Kimia dan Fisika. Pada tingkat perkuliahan atau perguruan tinggi akan masuk jalur jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang akan lebih banyak lagi jurusannya. Di Sekolah dasar IPA menjadi landasan dasar yang harus diajarkan. Setiap guru harus paham akan alasan mengapa sains perlu diajarkan di sekolah dasar. Ada berbagai alasan yang menyebabkan satu mata pelajaran itu dimasuk ke dalam kurikulum suatu sekolah.

Pada tingkat kuliah ada berbaga macam capang jurusan IPA seperti; Kedokteran, Pertanian, Peternakan, Farmasi, MIPA, ilmu astronomi, kimia, geologi, mineralogi, meteorologi, dan fisika, mikrobiologi.

Sains (science) diambil dari kata latin scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat dipisahkan. "Real Science is both product and process, inseparably Joint" (Agus. S. 2003: 11)

Sains sebagai proses merupakan langkah-langkah yang ditempuh para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam. Langkah tersebut adalah merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis dan akhimya menyimpulkan. Dari sini tampak bahwa karakteristik yang mendasar dari Sains ialah kuantifikasi artinya gejala alam dapat berbentuk kuantitas.

Artikel Ilmu Pengetahuan Alam 

Inilah Mengapa Daun Berwarna Hijau
Pertanyaan penyebab mengapa daun berwarna hijau dapat dijelaskan secara ilmiah atau biologis

5 Perbedaan sel hewan dan tumbuhan
Perbedaan sel hewan dan tumbuhan merupakan pelajaran dasar ilmu biologi yang terus digunakan

Sistem Peredaran Darah Manusia
Sistem peredaran darah manusia adalah proses pengedaran berbagai zat yang diperlukan ke seluruh tub...

5 Sifat Khusus Benda Cair
Pada ilmu pengetahuan alam IPA dipelajari tentang sifat-sifat husus benda cair mempunyai sifat khusus beberapa contohnya adalah benda cair

Jenis dan Macam-Macam Perubahan Energi
Perubahan energi yang merupakan suatu kemampuan untuk melakukan kerja. Sumber energi adalah benda atau makhluk

Macam-Macam  Sumber Daya Alam
Macam-macam  sumber daya alam   yang dapat diperbarui dan jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang ada di Bumi yang dimanfaatkan

Advertisement

0 Response to " Artikel Ilmu Pengetahuan Alam-Sains "

Posting Komentar