Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan di Dunia Kerja

Advertisement

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan dan menjanjikan di dunia kerja tentu perlu diketahui bagi calon-calon mahasiswa baru sebelum benar-benar menentukan pilihan supaya kelak saat lulus mempunyai prospek kerja yang bagus, gaji tinggi, dan mudah dalam mencari pekerjaan. Yang menjadi patokan adalah tingkat lowongan kerja di perusahaan swasta, karena perusahaan swasta lebih banyak peluang kerja di banding dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau BUMN.

Bagi mereka yang sudah pengalaman pasti sudah tahu setelah lulus kuliah bahwa peluang kerja di perusahaan swasta di bandingkan negeri 1000 : 1, artinya swasta lebih besar lowongannya. Nah karena ini berikut ini beberapa jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan beberapa perusahaan nantinya

1. Teknik
Jurusan kuliah teknik mesin, teknik kimia dan teknik industri hampir selalu ada lowongan kerja, baik di internet maupun di acara Job Fair. Ini menunjukkan bahwa lulusan teknik selalu mempunyai peluang yang lebih dibandingkan jurusan lainnya. Perusahaan besar seperti Nestle, Garuda Food, Indoofood, Cevron, Pertamina dll selalu membuka lowongan untuk jurusan teknik.


2. Teknologi Informatika
Melihat kemajuan zaman seperti ini teknologi informatika semakin berkembang pesat. Setiap perusahaan semakin butuh orang yang mampu tidak sekedar menggunakan komputer tetapi juga bisa membuat website, e-commerce, aplikasi dsb. Karena itulah TI menjadi jurusan kuliah yang nantinya bisa menjadi bekal mencari pekerjaan di era kemajuan teknologi saat ini.


3. Desain
Desain grafis dan komunikasi visual sangat sering dicari, bahkan bisa bekerja freelance sendiri. Era sekarang orang semakin menggunakan para ahli desain untuk industri kreatif. Tentu semua perusahaan butuh desainer wadah suatu produk atau desain untuk iklan/marketing. Bukan hanya sekedar phothosop dan corel tetapi juga bisa menguasai semua termasuk membuat video.


4. Bahasa Jepang
Sekarang bahasa Jepang dinilai bahasa yang paling sulit di dunia. Bahasa Inggris bukan lagi sesuatu yang spesial karena semakin umum dan banyak orang yang menguasai (menjadi standar Toefl). Hubungan Indonesia dan Jepang semakin kuat, baik di bidang bisnis, tenaga kerja, dan pendidikan menjadikan banyak peluang lulusan ahli Bahasa Jepang.


5. Akuntansi
Akuntansi juga salah satu jurusan yang nantinya selalu ada peluang kerja, terutama di bank, dan perusahaan yang pastinya membutuhkan akuntan untuk mendata keuangan perusahaan.


6. Bisnis dan Manajemen
Marketing dan pemasaran adalah ujung tombak suatu perusahaan. Searang sarjana bisnis dan manajemen akan menjadi nilai plus jika mampu melakukan marketing. Bahkan semua perusahaan membuka peluang semua jurusan untuk bidang ini karena yang dicari adalah skill dan kemauan dalam pemasaran. Apalagi seorang srajana Bisnis dan Manajemen yang punya skill dan mampu mengkoordinasi akan mendapatkan posisi head marketing di sebuah perusahaan.


7. Internet Marketing (Digital Marketing)
Salah satu jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan saat ini. Perkembangan zaman di era digital internet seperti saat ini dan akan meningkat di tahun-tahun kedepan. Sekarang setiap perusahaan yang mempunyai produk yang harus di iklan kan butuh orang yang ahli dalam internet marketing seperti menggunakan Google, Android, Twitter, Facebook dan media internet lain yang terus berkembang.

Advertisement

0 Response to " Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan di Dunia Kerja "

Posting Komentar