5 Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Advertisement

Jurusan kuliah dan prospek kerjanya wajib kamu ketahui supaya saat nanti lulus kuliah tahu arah mau kerja kemana. Banyak masalah informasi jurusan kuliah dan prospek kerja hanya gambaran umum dan beda jauh dari kenyataannya sehingga banyak sarjana yang lulus masih bingung mau kerja kemana.

Nah mari kita pelajari jurusan kuliah dan prospek kerja yang sesuai di lapangan dan kenyataannya.

1. Jurusan Pendidikan

Prospek Jurusan Pendidikan
Prospek kerja utama adalah guru atau pendidik baik PNS ataupun Swasta. peluang lain nya bisa guru privat, atau program pemerintah yang berhubungan dengan pendidikan. Selalu ada peluang jika kamu adalah lulusan yang mempunyai kompetensi bagus sebagai calon guru

Masalah yang harus kamu ketahui adalah menjadi PNS semakin sulit, sehingga banyak sarjana yang harus menunggu lama untuk bisa untuk masuk sebagai CPNS. Lain halnya jika mendaftar sebagai guru swasta kemungkinan lebih banyak peluang nya, karena tidak ada batasan waktu rekruitmen.

2. Jurusan Kesehatan
prospek kuliah kesehatan
sumber: setkab.go.id
Jurusan kesehatan seperti, kedokteran, perawat, dan bidan banyak peluangnya. Biasanya instansi kesehatan mempunyai link antara rumah sakit dan perguruan tinggi untuk rekruitmen.

Semua jurusan kesehatan biasanya diwajibkan praktek minimal 1-2 tahun di rumah sakit atau sejenisnya. Nah saat itulah calon dokter, bidan atau perawat bisa mendapat reputasi dan jaringan untuk melanjutkan bekerja.

3. Akuntansi dan Manajemen
prospek jurusan akuntansi
Dua jurusan favorit IPS ini bisa dibilang paling banyak prospeknya, terutama di Bank dan perusahaan besar selalu membutuhkan.

Masalahnya biasanya diutamakan wanita, sehingga jika kamu pria pikir-pikir dulu untuk masuk akuntansi dan manajemen. Karena wanita mempunyai kelebihan lebih rajin dan teliti.

4. Juruasn Marketing
Jika kamu ingin setiap hari bisa mendapat peluang kerja, marketing pilihannya. Hampir setiap hari ada perusahaan yang membuka lowongan marketing.

Jangan salah, dulu saya mengira marketing itu pekerja lapangan rendahan. Memang pekerjaanya dilapangan dan butuh kerja keras, tetapi banyak bonus selain gaji pokok yang cukup besar. Saat kamu menjadi marketing mau tidak mau kamu pandai berkomunikasi dengan orang.

Marketing cepat naik grade di sebuah perusahaan jika mempunyai reputasi yang bagus. Dan gajinya sangat besar melebihi pekerja kantoran biasa.

5. Jurusan Informatika
teknologi informatika

Perkembangan informatika akan terus dan saat ini semakin pesat. Hampir semua orang menggunakan gadget untuk aktifitas sehari-hari. Tentu saja Informatika adalah jurusan kuliah dan prospek kerjanya bagus. Jurusan Informatika semua hal yang berhubungan dengan komputer dan gadget abik software dan hardware, seperti jaringan, pemrograman web, java, html, desain web.

Masalahnya IT juga sangat banyak lulusannya, jika tidak punya kelebihan dan kredibilitas yang kuat, cukup sulit untuk bersaing di dunia kerja.

Advertisement

0 Response to " 5 Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya "

Posting Komentar