Penyebab Sering Kesemutan pada Tubuh Tertentu

Advertisement

Penyebab sering kesemutan bisa jadi ada sesuatu yang kurang baik pada kondisi tubuh kita. Pada dasarnya kesemutan itu adalah hal wajar yang bisa terjadi pada kaki atau tangan, tetapi juga bisa jadi indikasi adanya gangguan kesehatan. Maka dari itu ketahui apa gejala penyebab nya dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab sering kesemutan

Tanda kesemutan yang normal
Kaki atau tangan Anda bisa merasakan kesemutan pada kaki setelah duduk bersila atau memakai sepatu terlalu kecil. Kesemutan pada tangan juga dapat dirasakan, misalnya ketika tidur dengan posisi kepala menindih lengan. kesemutan yang seperti ini adalah normal karena tekanan yang terjadi pada saraf dan pembuluh darah, sehingga apabila kaki kembali diluruskan dan tekanan hilang maka kesemutan pun akan segera menghilang.

Jika kita sering kesemutan tanpa adanya sebab seperti di atas, bisa jadi ada penyakit-penyakit atau kondisi medis yang menjadi penyebabnya.

Penyebab sering kesemutan karena kesehatan

Gula tinggi atau diabetes salah satu indikasi kesemutan pada kedua kaki, ujung-ujung jari. Disertai dengan gejala diabates seperti sering buang air kecil, terutama malam hari saat tidur, sering merasa haus, sering merasa lapar, banyak makan tapi badan lemas.

Diabetes bisa menjadi penyebab kaki kesemutan karena gula darah yang tinggi dapat merusak saraf-saraf tepi. Untuk mengetahui kita harus melakukan pemeriksaan gula darah.

Herpes zoster reaktivasi virus varicella-zoster, pertama-tama muncul gejala kesemutan disertai rasa sakit pada daerah tertentu kemudian muncul ruam dan lepuhan pada kulit. Untuk mengatasinya perlu obat antinyeri dan anti virus yang diresepkan oleh dokter.

Mengatasi kesemutan karena diabetes dengan cara

1. Lebih rajin beraktifitas gerak dan olahraga

2. Mengurangi pola makan sehari hari dan mengurangi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi

3. Memperbanyak asupan sayur, daging dan ikan asin sebagai pengganti nasi

4. Mengurangi jajanan jenis-jenis minuman isntan yang cenderung tinggi gula

5. Minum teh herbal endah gula seperti Tropikanaslim

Jika penyebab sering kesemutan adalah diabetes, sebaiknya segeralah melalukan pola hidup sehat dan membatasi pola makan.

Advertisement

0 Response to " Penyebab Sering Kesemutan pada Tubuh Tertentu "

Posting Komentar