Penyebab Tanaman Tomat Layu Bakteri

Advertisement

Penyebab tanaman tomat layu biasanya disebabkan oleh bakteri. Dalam ilmu hama dan penyakit tumbuhan disebut Penyakit layu bakteri sampai saat ini masih menjadi ancaman serius bagi para petani sayuran. Pasalnya serangan  bakteri  Ralstonia solanacerum ini mengakibatkan  kelayuan bahkan kematian pada tanaman.

Selain itu bisasnya bakteri ini banyak menyerang tanaman, cabai, kentang, melon, tomat, dan berbagai jenis tanaman terung-terungan.
Penyebab Tanaman Tomat Layu

Gejala - Gejala Serangan Penyakit 
Gejala serangan penyakit layu bakteri ditandai dengan adanya daun yang layu dimulai dengan daun yang muda atau pucuk kemudian berlanjut pada seluruh bagian tanaman.

Serangan ini biasanya mulai nampak pada waktu tanaman umur 6 minggu. Jika tanaman di cabut kemudian batangnya dipotong akan terlihat berkas pembuluh berwarna coklat dan apa bila ditekan dari lingkaran berkas pembuluh akan keluar massa bakteri yang berwarna ke abu-abuan .

Batang tanaman cenderung membentuk lebih banyak akar adventif sampai setinggi bunga. Massa bakteri akan terlihat lebih jelas lagi apabila potongan batang tersebut dimasukan dalam air jernih dimana setelah batang tersebut dimasukkan beberapa menit kemudian akan terlihat benang-benang putih halus yang keluar dan bila digoyangkan benang tersebut akan putus. Benang-benang putih tersebut merupakan massa bakteri.


Penanggulangan tanaman tomat layu bakteri

Menanam benih yang sehat dan tahan 
Dengan menanam benih yang sehat dan tahan terhadap penyakit layu tanaman akan terhindar dari penyakit tersebut. Tetapi yang menjadi masalah adalah, bahwa benih- benih yang tahan terhadap serangan penyakit layu saat ini ketersediaanya belum memadai dan di samping itu kalaupun ada jumlahnya masih sangat terbatas.

Penyambungan dengan batang bawah yang tahan penyakit merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menekan perkembangan penyakit layu bakteri pada sayuran dan meningkatkan produksi tanaman.

Baca penelitian pengendalian hama dengan penyambungan ini ugm.ac.id
dan teknik penyambungan baca disini kompasiana

Penggunaan bakterisida
Cara alami menyiram tanaman menggunakan 35 gram umbi bawang putih (diblender bersama 75 ml air steril hingga menghasilkan 10 ml larutan bawang). Dapat dilakukan juga dengan membenamkan sekitar 6 gram umbi bawang putih di sekitar area akar tanaman tomat.

Cara kimia dengan menggunakan Agrimycin 1.5 WP yang merupakan campuran antara Streptomycin dan Tetracyclin. Penggunaanya biasanya dengan cara mencelupkan bagian akar sebelum ditanam kedalam larutan Agrimycin 1.5 WP serta mengocor pangkal batang tanaman setelah tanaman di tanam dengan menggunakan larutan Agrimycin 1.5 WP.

Dalam mencegah serangan penyakit layu bakteri sekaligus layu Fusarium, yaitu dengan cara menyiram pangkal batang dengan larutan Kocide 77 WP konsensentrasi 5 gram per liter dengan ukuran 200 ml per tanaman.

Advertisement

0 Response to " Penyebab Tanaman Tomat Layu Bakteri "

Posting Komentar