12 Macam Macam Tanaman Obat Dan Khasiatnya

Advertisement

Macam Macam Tanaman Obat – Kali ini saya akan membahas dan memberi pengetahuan tentang tanaman yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Kini manusia juga sudah jarang sekali melakukan metode mengobati dengan cara tradisional, karena sekarang banyak cara mengobati penyakit yang ampuh.

Namun pada kalangan lansia masih banyak yang menggunakan metode tradisional. Sekarang tanaman obat susah ditemukan. Tapi jangan khawatir untuk yang ingin sembuh dengan tanaman obat, karena sekarang sudah banyak manusia yang menjual di warung – warung. Padahal itu sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit seperti kanker, lumpuh atau yang lainya. Kini saya mempunyai 12 macam macam tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit.


Macam Macam Tanaman Obat

Macam Macam Tanaman Obat
Macam Macam Tanaman Obat

1.Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh

Tanaman obat ini adalah tanaman yang suka berbuah bergerombol. Tanaman obat Belimbing Wuluh bisa mengobati penyakit sebagai berikut : sakit gondok , sakit gigi, gusi berdarah, sakit rematik, sariawan dan pegal linu.
2.Daun Jarak

Tanaman obat ini harus anda ketahui berbagai manfaatnya. Tanaman obat ini adalah daun jarak. Yang bisa mengobati penyakit sebagai berikut : gatal – gatal , koreng  dan menyembuhkan rasa kembung pada perut.

3.Lidah Buaya
Lidah buaya

Tanaman obat ini bentuknya berduri pada kulit tanaman obat ini. Tanaman obat ini adalah Lidah buaya. Tanaman obat ini bisa mengobati sebagai berikut : diabetes, gula , ambeien, menurunkan gula dalam darah, melancarkan datang bulan, batuk , radang pada tenggorokan, mencegah serangan jantuh dan nah ini yang paling unik dan sangat bermanfaat pada laki – laki yang ingin lebih gaul yaitu bisa menumbuhkan rambut agar lebih panjang.

4.Daun Ciplukan
Daun Ciplukan

Nih ada tanaman obat yang sangat disukai oleh anak kecil dan itu sangat bermanfaat. Tanaman obat ini adalah Daun Ciplukan. Daun ini didalemnya seperti ada buah dan bentuknya itu seperti lampion. Manfaat dari daun ciplukan ini sebagai berikut : mengobati batuk , sakit ditenggorokan dan sakit bisul.

5.Lengkuas
Lengkuas

Tanaman obat ini sangat mudah ditemui di kebun maupun di warung – warung, dan ini juga sering dipakai pada ibu rumah tangga. Tanaman obat ini adalah lengkuas. Tanaman obat ini juga bisa mengobati berbagai penyakit tidak hanya untuk memasak, sebagai berikut : masuk angin , sakit tenggorokan dan sakit pinggang.

6.Kencur
Kencur

Tanaman obat ini tidak kalah bedanya bentuknya dengan tanaman obat lengkuas. Tanaman obat ini adalah Kencur. Tanaman obat ini juga sering dipakai untuk memasak. Manfaat dari tanaman obat kencur in sebagai berikut : meningkatkan nafsu makan, sakit batuk, sakit kepala, dan juga bisa digunakan untuk pembuatan pada jamu.

7.Temulawak

Tanaman obat ini tidak jauh bedanya dengan tanaman obat kencur dan lengkuas. Tanaman obat ini adalah Temulawak. Tanaman obat bisa berfmanfaat sebagai berikut : mengurangi kolestrol tinggi, mencegah penyakit hati, rasa nyeri pada tulang dan sendi.

8.Kumis Kucing
Kumis Kucing

Tanaman obat ini sangat bagus dan indah dilihatnya. Tanaman obat ini adalah Kumis Kucing. Tanaman obat Kumis Kucing ini bisa bermanfaat sebagai berikut : mencegah kencing batu, asam urat, rematik, hipertensi, diabetes dan masuk angin.

9.Alpukat
Alpukat

Tanaman obat ini bisa digunakan untuk jus atau disebut juga buah – buahan. Tanaman obat ini adalah Alpukat. Tanaman obat alpukat ini bermanfaat sebagai berikut : menurunkan kolestrol, kesehatan jantung, mengobati sakit, mencegah penyakit kanker.

10.Brotowali

Ada yang sudah tau tanaman obat salah satu ini?. Yap, ini adalah tanaman obat Brotowali. Tanaman obat brotowali ini bermanfaat sebagai berikut : Rheumatik sendi, demam kuning, demam, malaria , kencing manis, diabetes dan seperti penyakit luar memar, kudis dan luka-luka.

11.Daun Benalu
Daun Benalu

Tanaman obat ini adalah salah satu jenis yang suka merambat di batang pohon yang besar. Tanaman obat ini adalah Daun Benalu. Tanaman obat benalu ini bermanfaat sebagai berikut : kencing yang tidak lancar, gangguan kelenjar prostat, tumor, amandel, kanker dan juga gangguan pada organ usus.

12.Daun Jinten
Daun Jinten

Tanaman obat ini sangat tradisional di indonesia. Tanaman obat ini adalah daun jinten. Tanaman obat daun jinten bermanfaat sebagai berikut : Perut kembung, obat sakit kepala , menyuburkan ASI, rematik , dan kekebalan pada tubuh.

Baca Juga : 12 Macam Macam Tanaman Hias

Nah itulah macam macam tanaman obat yang sungguh bermanfaat bagi manusia. Kita harus lestarikan tanaman obat ini dengan cara membudidayakan. Jangan sampai tanaman obat ini dilupakan.

Advertisement

0 Response to " 12 Macam Macam Tanaman Obat Dan Khasiatnya "

Posting Komentar