Macam-Macam Lembaga Desa Modern dan Tradisional

Advertisement

Macam-macam lembaga desa modern dan tradisional adalah sebuah lembaga organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan merupakan mitra pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat. Lembaga kemasyarakatan ditetapkan dengan peraturan Desa. Salah satu fungsi lembaga kemasyarakatan adalah sebagai penampungan dan penyaluran aspirasi masyarakat dalam pembangunan.

Pengertian lembaga adalah sistem hubungan sosial yang terorganisir yang mewujudkan nilai-nilai dan tata cara umum tertentu dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat tertentu.

Lembaga Desa modern
1. LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa atau Kelurahan)
Mempunyai tugas menyusun rencana pembangunan secara partisipatif, menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, melaksanakan dan mengendalikan pembangunan.

2. PKK
Lebih mengedepankan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender serta di bidang kesehatan Ibu dan Anak.

3. RT dan RW
Menitik beratkan urusan pemerintahan dan sosial dan kemasyarakatan. RT/RW mempunyai tugas membantu Pemerintah Desa dan Lurah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan.

4. Koperasi Desa
Lembaga desa yang bertindak di bidang ekonomi sebagai sarana simpan pinjam dan memberi kemudahan masyarakat desa mendapat modal pinjaman usaha. Di bidang pertanian ,koperasi dapat menjadi sarana penyediaan bantuan  bibit, pupuk, pestisida dsb

Lembaga Tradisional
1. Karang Taruna
Karang Taruna mempunyai tugas menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

2. Pager Gunung
Berperan dalam kegiatan ekonomi kemasyarakatan dengan dibagi menjadi devisi atau unit-unit kegiatan seperti unit Pertanian Organik, unit Peternakan dan Perikanan, Unit Perkebunan dan Kehutanan, serta unit Simpan Pinjam.

3. Sambatan/gotong royong
Sebuah kegiatan kebersamaan yang terorganisir oleh tokoh desa yang menyelenggarakan kegiatan saling membantu pihak yang punya kerja (gawe). Misalnya membangun rumah, membangun masjid, dan bersih jalan.

Advertisement

1 Response to " Macam-Macam Lembaga Desa Modern dan Tradisional "