Panduan Cara Membuat Pupuk Kompos

Advertisement

Berkut ini panduan cara membuat pupuk kompos yang bagus dan cukup mudah diterpkan, Biasanya bisa dibuat dengan campuran sampah tumbuhan atau sayuran dengan kotoran ternak. dengan cara menumpukkan bahan-bahan organik dan membiarkannya terurai menjadi bahan-bahan yang mempunyai nisbah C/N yang rendah (telah melapuk).
pupuk kompos

Bahan untuk membuat pukuk kompos
  1. Bahan warna hijau.  Bahan warna hijau ini maksudnya yang banyak mengandung Nitrogen (N).  Untuk proyek ini hijauan ini didapat dari sampah dapur, daun-daunan dan rumput dari halaman.
  2. Bahan warna coklat.  Maksudnya Karbon (C) dan biasanya berwana coklat, misalnya: sekam, jerami, gergajian kayu, potongan kertas dan kardus.
  3. Kotoran hewan (kambing/sapi)

Langkah membuat pupuk kompos

1. Menggunakan bahan-bahan mentah (serasah,jerami, sampah daun-daun organic) ditumpuk 50 m.

2. Kemudian diberi pupuk kandang atau sayur busuk sebagai aktifator, setelah beberapa hari temperatur akan naik, temperatur ini bisa mematikan kuman-kuman serta biji-biji tanaman pengganggu.

3. Tumpukan diinjak-injak sehingga keadaan menjadi anaerob, selanjutnya ditambahkan bahan-bahan mentah sehingga tumpukan mencapai sekitar 80 cm, demikian seterusnya perlakuan penamabahan dilakukan sampai tumpukan menjadi tinggi sekitar 1,5 m.

4. kemudian tumpukan ditutup dengan lapisan tanah bagian atasnya, perlakuan demikian untuk mencegah kehilangan N lebih lanjut dan juga melindungi kompos dari pengaruh teriknya sinar matahari. Setelah 2 bulan biasanya kompos telah matang dan dapat dipergunakan.

Ciri-ciri hasil pukuk kompos jadi bermutu  baik
1. Struktur kompos remah dan lunak, tidak  menggumpal atau melumpur
2. Warna coklat hitam, terlalu hitamjikakompos terlalalu basah
3. Kadar air sekitar 30%, jika diperas tidak air menetes
4. Artoma menyerupai humus tanah, tidak terlalu busuk
5. PH 6-7

Advertisement

0 Response to " Panduan Cara Membuat Pupuk Kompos "

Posting Komentar