Jenis-Jenis Tanaman Serealia

Advertisement

Jenis-jenis tanaman serealia ada 5 macam yang termasuk tanaman pangan yang paling umum diketahui. Pengertian Serealia adalah jenis tumbuhan golongan rumput-rumputan(Gramineae) yang dibudidayakan untuk menghasilkan biji sebagai bahan pangan. Biji tumbuhan serealia sebenarnya adalah buah tipe khusus yang disebut karyopsis. Serealia merupakan bahan pangan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia, tetapi jenis-jenis serealia yang mengemban peran ini hanya sebagian kecil dari berbagai jenis serealia.

1. Padi (Oriza sativa)
Padi tanaman paling umum dibudidayakan petani Indonesia sebagai sumber makanan pokok yaitu beras.

2. Jagung (Zea mays)

Jagung juga termasuk Gramineae yang dibudidayakan sebagi penghasil biji-biji corn.

3. Gandum (Triticum sp)
Tanaman gandum paling populer di daratan Amerika dan Eropa. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu.

4. Sorgum (Sorghum sp)

Tanaman sorghum termasuk menjadi bahan pokok, namun jarang dibudidayakan  khusunya di Indonesia. banyak dibudidayakan  didaerah Afrika karena tahan kering.

5. Barlay (Hordeum vulgare)
Barlay merupakan jenis tanaman serealia yang jarang didengar. Barlay atau jelay termasuk tanaman biji-bijian serealia mirip padi, konsumsi barlay dunia hanya 10% saja, pada umumnya digunakan untuk bahan campuran tepung.

6. Oats (Avena sativa)
Oats dalah jenis tanaman serealia dapat ditanam pada daerah dengan iklim yang basah. Tepungnya memiliki kadar serat yang halus yang bisa memperlancar pencernaan. Makanan oatmeal seringkali dikira gandum, oat (haver) berbeda dengan gandum (wheat). Tapi bahan oat sering dicampur dengan gandum sebagai olahan makanan yang sehat. 

Berikut ini informasi pengetahuan untuk contoh-contoh jenis tanaman Hortikultura

Advertisement

0 Response to " Jenis-Jenis Tanaman Serealia "

Posting Komentar