Data Jenis Tanaman Hortikultura

Advertisement

Macam-macam dari jenis tanaman hortikultura ada banyak di lingkungan sekitar contohnya seperti tanaman buah, sayur, bunga dan obat . Pada umumnya orang belum bisa membedakan antara tanaman hortikultura dan tanaman kebun yang dibudidayakan. Hortikultura (horticulture) berasal dari bahasa Latin hortus (pekarangan) dan cultura/colere (budidaya), dan dapat diartikan sebagai tanaman yang di tanam di pekarangan (kebun di sekitar rumah). Kemudian hortikultura digunakan secara lebih luas yang dibudidayakan di ladang perkebunan.

Ada 4 jenis tanaman hortikultura

1. Tanaman buah / Pomologi / Frutikultur
Buah-buahan Semusim : tomat, melon, semangka, blewah, stroberi
hortikultura - buah

Buah-buahan Tahunan : mangga, manggis, rambutan, duku/langsat/kokosan, sukun, pepaya, sawo, jambu biji, belimbing, nangka, sirsak, markisa, jeruk, anggur, alpukat, durian, apel, jambu air, salak, nenas, pisang.

2. Tanaman bunga / hias / Florikultura
hortikultura - bunga
Komoditi Tanaman Hias : anggrek, anthurium bunga, anyelir, gerbera, gladiol, heliconia, krisan, mawar, sedap malam, dracaena, melati palem, Aglaonema, adenium, euphorbia, phylodendron, pakis, monstera, ixora, cordyline, diffenbachia, sansevieria, anthurium daun, caladium

3. Tanaman sayur / Olerikultura
hortikultura - buah
Sayuran Semusim : Bawang merah, bawang putih, bawang daun, kentang, kol/kubis, kembang kol, petsai/sawi, wortel, lobak, kacang merah, kacang panjang, cabe besar, cabe rawit, paprika, jamur, tomat, terung, buncis, ketimun, labu siam, kangkung, bayam.

Sayuran Tahunan : melinjo, petai, jengkol

4. Tanaman obat / Biofarmaka
hortikultura - obat
Tanaman biofarmaka dikelompokkan menjadi Biofarmaka Rimpang dan Biofarmaka Non-Rimpang.

Biofarmaka Rimpang adalah tanaman yang bermanfaat untuk obat-obatan, kosmetik dan kesehatan yang dikonsumsi atau digunakan dari bagian umbi (rimpang).
Komoditi: jahe, laos/lengkuas, kencur, kunyit, lempuyang, temulawak, temuireng, temukunci, dlingo/dringo

Biofarmaka Non-Rimpang adalah tanaman yang bermanfaat untuk obat-obatan, kosmetik dan kesehatan yang dikonsumsi atau digunakan dari bagian-bagian tanaman seperti daun, batang, bunga, buah, ataupun akar.
Komoditi: kapulaga, mengkudu/pace, mahkota dewa, kejibeling, sambiloto, lidah buaya

Perbedaan tanaman hortikultura dan industri perkebunan

Dalam pengetahuan ilmu budidaya pertanian ada perbedaan antara jenis tanaman hortikultur dan tanaman perkebunan. Beberapa orang melihat beberapa jenis kopi dan kakao bisa di tanam di perkebunan, namun bukan termasuk hortikultur.

Perbedaannya adalah jika hortikultur adalah jenis tanaman yang buahnya bisa dimanfaatkan langsung sedangkan tanaman perkebunan harus melalui tahap produksi dan pengolahan (kopi, teh dan kakao).

Selain itu ada jenis tanaman Serealia yaitu jenis tanaman pangan atau sereal seperti padi, jagung, gandum, oats

Jenis tanaman hias

Advertisement

0 Response to " Data Jenis Tanaman Hortikultura "

Posting Komentar