Jenis Tanaman Air Hias dan Liar

Advertisement

Beberapa jenis tanaman air adalah biasa dikenal jenis tumbuhan di air tawar yang tumbuh liar di sungai danau dan kolam. Pada perkembangannya bisa dijadikan tanamn hias untuk kolam ikan menambah kesan hidup dan alami. Selain mempercantik kolam, berbagai tumbuhan air tersebut pun dapat berfmanfaar sebagai pembersih air kolam.

Berikut ini beberapa informasi pengetahuan beberapa macam tanaman air liar atau yang bisa dijadikan tanaman penghias kolam ikan.

Kategori tanaman air penghias kolam 


Teratai (Nymphaea)

tanaman air teratai
Teratai adalah nama bagi sekumpulan tanaman air anggota genus Nymphaea (famili Nymphaeaceae). Jumlah spesiesnya mencapai 50 jenis. Dalam bahasa Inggris, tanaman berbunga dari genus Nymphaea ini dikenal sebagai water-lily atau waterlily.

Tanaman teratai tumbuh di permukaan air dengan daun dan bunga mengapung. Daun nya berwarna hijau dengan bentuk bundar atau oval yang lebar dan membentuk potongan pada jari-jari menuju ke tangkai.

Seroja (Nelumbo nucifera)
tanaman air seroja
Seroja kadang dianggap sebagai tanaman yang sama dengan teratai. Padahal antara keduanya merupakan spesies yang jauh berbeda. Jika teratai merupakan anggota genus Nymphaea maka lotus merupakan anggota genus Nelumbo (famili Nelumbonaceae). Nama latin tumbuhan air ini adalah Nelumbo nucifera Gaertn, yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indian Lotus, Sacred Lotus, atau Bean of India.

Meskipun sama-sama tanaman air, namun lotus gampang dibedakan dengan teratai. Jika daun dan bunga teratai terapung di permukaan air, maka bunga seroja (lotus) tumbuh di atas permukaan air (tidak mengambang) dengan tangkai yang kokoh.

Selengkapnya mengenai bunga Seroja baca : Mengenal Bunga Seroja atau Bunga Lotus.

Apu-apu (Pistia stratiotes)
tanaman air apu apu


Tanaman air selanjutnya yang tidak kalah menawan sebagai penghias kolam adalah Apu-apu. Apu-apu dikenal juga sebagai Kapu-kapu atau kayu apung. Nama latin bunga ini adalah Pistia stratiotes (famili Araceae). Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Water Cabbage, Water Lettuce, Nile Cabbage, atau Shellflower.

Kategori tanaman air liar kerena mudah tumbuh


Selada air (Pistia stratiotes)
tanaman air selada
Jenis tanaman air berikut adalah tanaman air mengapung (floating plant). Akar tanaman ini tidak tertanam dalam tanah, tapi mengapung, misalnya azola dan selada air (Pistia stratiotes).

Selada air yang tumbuh liar di sungai sungai yang bersih lebih sering dimanfaatkan sebagai sayuran untuk dimasak.

Enceng gondok
tanaman air enceng gondok

Enceng gondok sering digunkan sebagai penghias kolam, namun bisa menjadi gulma karena tumbuh sangat cepat dan sering memenuhi permukaan air yang bisa mengganggu ketersediaan oksigen di dalam air. Oleh sebab itu, jika kita menggunakan tanaman ini di kolam, rajin-rajinlah mengangkat tanaman ini jika sudah terlalu memenuhi kolam.

Advertisement

0 Response to " Jenis Tanaman Air Hias dan Liar "

Posting Komentar