Inilah Jenis Tanaman Hidroponik yang Bagus

Advertisement

Sebelum membahas jenis tanaman hidroponik mari kita ketahui bahwa  pengertian hidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air dan ponos yang berarti kerja. Jadi, hidroponik memiliki pengertian secara bebas teknik bercocok tanam dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, atau dalam pengertian sehari-hari bercocok tanam tanpa tanah. (id.wikipedia.org/wiki/Hidroponik).

Jenisnya tanamannya lebih sering pada jenis tanaman sayur dan buah yang pada daasarnya adalah tanaman lahan tanah yang membutuhkan banyak air nutrisi.

Budidaya tanaman diroponik mulai digemari karena semakin banyak orang yang tidak mempunyai lahan untuk bercocok tanam. Jenis tanaman hidroponik biasanya adalah tanaman hortikultura seperti sayur dan bunga. Dengan model hidroponik ini bisa menanam di depan rumah, di samping rumah, ataupun di belakang rumah.

Media tanam hidroponik adalah pot palstik, pot gantung yang dimodifikasi dari botol bekas atau paralon. Dengan tanah, sekam, pupuk kompos

Untuk tanaman nya berikut ini contoh jenis tanaman hidroponik yang bagaus besarta contoh foto medianya.


Jenis tanaman sayur hidroponik

Tomat
tomat hidroponik
Tanaman tomat mudah tumbuh dan mempunyai buah yang menarik ini sangat sering dibudidayakan dalam hidroponik.

Cabai
cabai hidroponik
Cabe hampir sama dengan tomat, jenis tumbuhan yang saat tua akan mati ini mudah tumbuh. Cabenya sangat bisa dimanfaatkan untuk bumbu masak.

Mentimun
Jika ingin hidroponik gantung untuk membuat rindang suasana rumah bisa memilih mentimun untuk ditanam

Sawi
sawi hidroponik
Sawi banyak digemari untuk ditanam pada pot-pot dan paralon modifikasi karena tanamannya mungil dan hijau segar untuk dipandang. Sawi membutuhkan jumlah air yang cukup, karena tergolong tanaman pegunungan di udara dingin.

Terong ungu
terong hidroponik
Menanam terong ungu termasuk lumayan sulit, jika bisa berbuah akan terlihat menyenangkan untuk dipandang.

Melon
Melon Hidroponik
Sekarang mulai banyak yang bereksperimen menanam melon hidroponik. Ini butuh keahlian budidaya khusus karena melon adalah tanaman buah yang butuh nutrisi dan perawatan khusus.

Strawberry
strawberry hidroponik
Jika daerah kita cukup dingin untuk bisa menanam hidroponik, strawberry cocok untuk dipilih

Tips
Jika ingin membudidayakan jenis  tanaman hidroponik, anda boleh saja mencoba dengan biji cabe atau tomat. Namun saran saya untuk lebih mantab membeli bibit yang nantinya tumbuhnya bagus dengan buah yang jelas misalnya terong, tomat, mentimun.

Dimana mendapatkan bibit nya? cukup banyak ditemui di toko-toko pertanian, namun jika anda ingin mencari banyak pilihan bisa membeli secara online du Tokopedia atau Agromart, tulis saja nama bibit yang kamu cari.

Advertisement

0 Response to " Inilah Jenis Tanaman Hidroponik yang Bagus "

Posting Komentar