Cara Menentukan Tema Karangan Beserta Contohnya

Advertisement

Sebelum belajar cara menentukan tema karangan, sebelumnya kita ketahui dulu apa definisi tema dalam karangan.
Cara Menentukan Tema Karangan

Tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran dalam membuat suatu tulisan.
Berasal dari bahasa Yunani “thithenai”, berarti sesuatu yang telah diuraikan atau sesuatu yang telah ditempatkan.

Tema merupakan amanat utama yang disampaikan oleh penulis melalui karangannya. Pokok pikiran yang mendasari karangan yang akan disusun.

Dalam tulis menulis, tema adalah pokok bahasan yang akan disusun menjadi tulisan. Akan menentukan arah tulisan atau tujuan dari penulisan artikel itu. Menentukan tema berarti menentukan apa masalah sebenarmya yang akan ditulis atau diuraikan oleh penulis.


Syarat dan cara menentukan tema karangan yang baik terdapat beberapa syarat 

Menarik perhatian penulis akan memungkinkan penulis berusaha terus- menerus mencari data untuk memecahakan masalah-masalah yang dihadapi, penulis akan didorong terus-menerus agar dapat menyelesaikan karya tulis itu sebaik-baiknya.

Dikenal/diketahui dengan baik. Maksudnya bahwa sekurang-kurangnya prinsip-prinsip ilmiah diketahui oleh penulis. Berdasarkan prinsip ilmiah yang diketahuinya, penulis akan berusaha sekuat tenaga mencari data melalui penelitian, observasi, wawancara, dan sebagainya sehingga pengetahuannya mengenai masalah itu bertambah dalam. Dalam keadaan demikian, disertai pengetahuan teknis ilmiah dan teori ilmiah yang dikuasainya sebagai latar belakang masalah tadi, maka ia sanggup menguraikan tema itu sebaik-baiknya.

Bahan-bahannya dapat diperoleh. Sebuh tema yang baik harus dapat dipikirkan apakah bahannya cukup tersedia di sekitar kita atau tidak. Bila cukup tersedia, hal ini memungkinkan penulis untuk dapat memperolehnya kemudian mempelajari dan menguasai sepenuhnya.

Dibatasi ruang lingkupnya. Supaya lebih mudah dalam membuat karangan atau tlisan dan pembahasan nya tidak meluas.


Contoh tema karangan, topik dan Judul

Tema: Naik Gunung
Si penulis suka dan pernah naik gunung sehingga karangannya mudah dibuat, si penulis bisa menulis karangan tentang kegiatan naik gunung dan tulisan didalam nya tidak akan keluar cerita naik gunung.

Topik: petualangan / adventure
Judul: Pengalamanku Naik Gunung Lawu bersama Teman

Tema: anak band, kamu bisa mengerang tentang kegiatan dan hal-hal menarik tentang anak band

Topik: musik, kesesnian
Judul: Kisah cinta seoranng anak band sekolah sma

Cara menentukan tema karangan, sberbeda dengan cara menentukan topik dan menentukan judul yang juga harus kamu pahami seperti pada contoh diatas

Advertisement

0 Response to " Cara Menentukan Tema Karangan Beserta Contohnya "

Posting Komentar