Produk Olahan Jagung Pasca Panen

Advertisement

Produk olahan jagung pasca panen banyak macamnya, selain dikonsumsi dalam bentuk jagung lebih banyak dibuat sebagai bahan olahan jagung. Jagung termasuk komuditas tanaman pangan karbohidrat golongan tanaman serealia. Bahasa latin Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi.


Indonesia salah satu negara ladang penghasil jagung, namun produk industri berbahan jagung masih sulit ditemui. Karena produk-produk olahan jagung bahan jagung umumnya menggunakan teknologi tinggi sehingga teknologi tersebut belum bisa terjangkau oleh masyarakat umum terutama para petani.

Jenis-jenis jagung dan produk olahan jagung


Jagung Mutiara  ( Flint Corn) 
Biji jagung mutiara tidak berkerut saat mengering sehingga lebih tahan terhadap serangan hama gudang dan gangguan gudang dan gangguan dari luar, seperti keadaan hujan tidak teratur, sedangkan  biji jagung gigi kuda berkerut (perbedaannnya).

Produk: Digunakan untuk keperluan pakan ternak. Di Indonsia bisa dimanfaatkan untuk konsumsi sebagai nasi jagung. Tanaman jagung mutiara dapat beradaptasi baik didaerah tropis  dan subtropis.

Jagung Manis ( Sweet Corn) Zea mays saccharata
Ciri khas jagung manis adalah biji-biji yang masih muda bercahaya dan berwarna jernih, biji yang telah masak dn kering berkeriput ( mengerut. untuk membedakan dapat dilihat dari rambut tongkol berwarna putih .jika rambutnyaberwarna merah berarti jaung biasa.

Produksi jagung manis digunakan bahan pembuatan sirup, karena mengandung zat gula yang sangat tinggi. sedangkan di Indonesia jagung manis menjadi idola untuk jagung bakar dan jagung rebus yang aromanya wangi.

Jagung Brondong ( Pop Corn) - Zea mays everta
Biji jagung berondong ini berwarnaa putih atau kekuning –kuningan dengan bentuk yang agak meruncing dan tongkolnya berukuran kecil . bila ditimbang bijinya yang 1000 biji maka beratnya mencapai antara 80 sampai 130 gr.jenis jagung ini ada dua tipe satu diberi nama rice pop corn bedanya bijijnya agak pipih dan meruncing, sedangkan yang satu lagi diberi nama pear pop corn bentuk bijinya bulat dan kompak.

Produk: Snack jagung, pop corn dan snack ringan terbuat dari jagung

Jagung Gigi Kuda ( Dent Corn) 
Ciri khas biji jagung kuda adlah adanya lekukan dibagian tengah atau atau bagian atas biji , batangnya tingi dan panjang  tumbuhnya tegap dan umurnya lama Setiap batang tumbuhnya 1-2 tongkol. Biji-bijian tanaman jagung kuda berukuran besar yang terbagi dalam beberapa baris, dan berwarna kuning , putih atau kadang-kadang berwarna lain ,beratnya per 1000 biji antara 300-500 gr.

produk: Sebagian besar  dijadikan makanan ternak. Di Indonesia  jenis jagung ini jarang ditanam karena tidak tahan tarhadap hama bubuk dan cocok untuk dibuat tepung jagung.

Jagung Tepung ( Flour Corn) - Zea mays milacea
Ciri-ciri jagung tepung adalah hampir seluruh bijinya berisi pati yang berupa tepung dan lunak, serta apabila terkena panas akan mudah pecah  panjang  tongkolnya berkisar 25- 30 cm dan barisan bijinya berkisar 8- 12 baris.

Produk olahan jagung sebagai campuran dan bahan membuat tepung maezena.

Advertisement

0 Response to " Produk Olahan Jagung Pasca Panen "

Posting Komentar