Jenis Tanaman yang Tahan Panas Matahari

Advertisement

Jika anda ingin tanaman hias di luar ruangan ada kemungkinan besar harus menanam jenis tanaman yang tahan panas matahari atau saat musim kemarau. Apabila kita tinggal di daerah dataran rendah suhu yang panas seringkali membuat jenis tanaman hias layu meskipun sudah disiram air. Apalagi jika ditaruh di luar ruangan seperti teras atas teras lantai atas.

Beberapa tanaman tahan panas cenderung tidak terlalu membutuhkan banyak air dan di alam memang jenis tumbuhan yang tahan di kondisi musim kemarau. Inilah beberapa contohnya yang bisa anda pilih untuk menanamnya

1. Kaktus
tanaman tahan panas kaktus
Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun) sehingga tergolong jenis tanaman yang tahan panas matahari. Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya.

2. Lidah Mertua
tanaman tahan panas lidah mertua
Ini merupakan tanaman hias yang mudah hidup baik di luar ruangan maupun di dalam rungan. Kabarnya lidah mertua bisa hidup pada suhu 5 sampai 37 derajat celcius. Rata-rata suhu udara luar saat terik panas adalah 35-36 derajat.

Lidah mertua bisa ditanam di dalam pot dengan tanah atau juga sebagai hidroponik yang lebih bagus dengan kompos dan sekam. Jika akan meninggalkan rumah selama satu minggu pun lidah mertua masih bisa tahan hidup tanpa disiram, sehingga tidak perlu khawatir.

3. Kamboja
tanaman tahan panas kamboja

Bonsai kamboja sangat bagus bunganya dan indah sebagai tanaman bunga hias dalam pot di pelataran rumah. Setelah menanam pohon ini, kamu tidak perlu repot-repot menyiraminya setiap hari cukup 2-3 hari sekali saja, karena kamboja dapat tumbuh dengan baik. Kamboja lebih menyukai banyak terkena sinar matahari dibandingkan dengan sering terendam air yang akan menyebabkan pohon cepat mati.

4. Boungenvile - bunga kertas
tanaman tahan panas bunga kertas

Bunga kertas adalah jenis tanaman membutuhkan cahaya matahari bahkan saat cuaca terik sekalipun. Ini artinya bunga kertas harus mendapatkan akses terhadap cahaya matahari dalam satu hari penuh. Tanamannya bisa tumbuh besar dan paling cocok ditanam di depan atau taman rumah luar ruangan.

5. Palem
tanaman tahan panas bunga kertas

Palem adalah jenis tanaman besar yang sering dijadikan tanaman pinggir jalan raya. Tetapi bagi yang mempunyai lahan pekarangan cukup luas palem bisa menjadi pilihan ditanam untuk menghias taman atau pekarangan rumah. Kamu tidak perlu repot - repot menyiramnya, karena jika akarnya tumbuh dengan baik, pohon palem dapat mengambilnya sendiri dari tanah.

6. Bunga Euphorbia
tanaman tahan panas bunga kertas
Bunga Euphorbia juga sangat suka dengan sinar matahari sehingga termasuk jenis tanaman yang tahan panas matahari. Euphorbia akan tumbuh sempurna apabila diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Jika tidak, maka pertumbuhan bagi tumbuhan satu ini akan terhambat dan bunganya juga akan kusam dan mudah pudar warna yang akan dihasilkan dibandingkan terkena sinar matahari langsung.

Advertisement

0 Response to " Jenis Tanaman yang Tahan Panas Matahari "

Posting Komentar