Pengertian Tanaman Pangan Contoh dan Ciri-Cirinya

Advertisement

Di dalam ilmu pengetahuan khususnya pertanian ada pengertian tanaman pangan dan ciri-cirinya yang harus diketahui dan dibedakan dengan jenis tanaman lain. Dalam pengelompokan tanaman ada jenis tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman industri dan tanaman hortikultura.

Pengertian tanaman pangan
Adalah tanaman yang menghasilkan produksi mengandung karbohidrat dan protein utama sebagai sumber makanan pokok sumber energi manusia sehari-hari. Karena hampir semua manusia di seluruh dunia dasar makanan pokoknya adalah karbohidrat.


Berikut inilah tanaman pangan dan ciri-cirinya


1. Serealia 
Padi, gandum, jagung
tanaman pangan serealia
Serealia dikenal juga sebagai sereal atau biji-bijian (bahasa Inggris: cereal) adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat/pati.

Ciri-ciri: produksinya diolah menjadi bahan makanan berkarbohidrat, dimanfaatkan bulirnya, ditanam di sawah yang luas

2. Umbi
singkong, ketela rambat, kentang
tanaman pangan umbi

Umbi adalah makanan yang berasal dari akar tanaman dan juga mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. Di daerah-daerah tertentu singkong menjadi makanan pokok, dan sekarang juga terkenal sebagai makanan pengganti nasi.

Ciri-ciri: karbohidrat tinggi, modifikasi akar yang ada di dalam tanah yang menjadi umbi

3. Biji-bijian
kacang, kedelai, kacang hijau, kacang arab
tanaman pangan umbi
Dalam ilmu agronomi (budidaya tanaman pangan) biji-bijian termasuk tanaman pangan karena mengandung protein dan karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi utama manusia.

Ciri-ciri: diambil bijinya, kandungan protein tinggi

Biji-bijian tidak menjadi makanan pangan utama karena produksi per luas lahan jauh lebih sedikit sehingga menjadi lebih mahal dibandingkan serealia dan umbi. Sehingga biji-bijian menjadi makanan pangan tambahan saja

Advertisement

0 Response to " Pengertian Tanaman Pangan Contoh dan Ciri-Cirinya "

Posting Komentar